Membeli Perhiasan Platinum Tanpa Merobek Kantong Anda

Platinum adalah logam mulia yang harganya lebih mahal daripada emas. Biasanya dicampur dengan logam serupa lainnya, yang dikenal sebagai logam golongan platina: iridium, paladium, rutenium, rhodium dan osmium.

Penandaan yang berbeda digunakan pada perhiasan platinum dibandingkan toko tas online murah dengan perhiasan emas, berdasarkan jumlah platinum murni pada perhiasan tersebut. Penandaan kualitas untuk platina didasarkan pada bagian per seribu. Misalnya, penandaan 900 Platinum berarti 900 dari 1000 adalah platina murni, atau dengan kata lain 90% platina dan 10% logam lainnya. Singkatan dari platinum – Plat. atau Pt. – juga bisa digunakan untuk menandai perhiasan.

Platinum adalah salah satu logam perhiasan berharga yang menarik dan membingungkan pelanggan. Biasanya harganya lebih dari emas, memiliki kandungan kemurnian yang sangat tinggi, tapi apa lagi tentang platinum yang membuatnya berharga untuk dibeli? Inilah pendapat kami tentang perhiasan platinum.

Apa Itu Perhiasan Platinum?


Platinum adalah logam mulia berwarna putih keperakan yang terkenal akan ketahanannya terhadap noda, kualitas hipoalergeniknya, dan bobotnya, atau bobotnya. Digunakan dalam perhiasan, ini adalah logam berkualitas sangat tinggi yang membutuhkan lebih banyak pekerjaan untuk membuatnya, tetapi dianggap sebagai alternatif yang lebih baik untuk logam serupa seperti emas putih dan perak sterling.

Apa Pro dan Kontra Perhiasan Platinum?
cincin-perhiasan-platinum
CINCIN PLATINUM INI SANGAT DIKULIT DAN BEKERJA.

Platinum digolongkan sebagai logam teratas dari semua logam perhiasan berwarna putih keperakan, dan dengan alasan yang bagus. Warnanya tidak berubah, dan platina kelas perhiasan biasanya dinilai sebagai kandungan platina 90-95%. Sebaliknya, logam lain seperti emas putih mungkin hanya mengandung sekitar 40 sampai 50% kandungan emasnya, dan warna emas putih sebenarnya bukan putih! Emas putih dalam bentuknya yang tidak diolah adalah warna abu-abu kekuningan, karena merupakan campuran emas kuning dan logam lain seperti nikel atau perak untuk membuatnya lebih cerah.

Emas putih yang dijual di pasaran dilapisi dengan rhodium, logam keperakan yang memberikan tampilan yang lebih baik pada emas putih. Seiring waktu, pelapisan akan hilang dan menampakkan warna emas putih di bawahnya. Selain itu, bermacam-macam logam dalam emas putih dapat menyebabkan reaksi alergi bagi orang yang memiliki kulit sensitif, sedangkan platinum bersifat hipoalergenik.

Sisi negatifnya, platinum sangat mahal untuk dibeli dan diperbaiki, dan beberapa perhiasan bahkan tidak dapat mengerjakan logam tersebut karena mereka tidak memiliki peralatan, bahan, atau pengalaman untuk menangani sifat kimianya yang unik. Selain itu, platina sangat mudah tergores, membuat logam ini tidak cocok untuk orang yang menyukai perhiasan yang dipoles mengkilap. Sebagian besar perhiasan platinum dijual dengan lapisan kuas atau matte, yang membantu menyembunyikan goresan yang terakumulasi oleh keausan seiring waktu. Terakhir, karena pembuatan platina tidak mudah, jumlah desain yang tersedia di pasaran relatif terbatas dibandingkan dengan bahan lain seperti emas atau perak.

Item yang mengandung setidaknya 950 bagian per seribu platinum murni dapat ditandai dengan platinum saja. Item yang memiliki setidaknya 850 bagian per seribu platinum murni dapat ditandai dengan jumlah platinum murni dan kata platinum atau singkatannya (misalnya, 950 platinum, 900 Plat. Atau 850 Pt.). Perhiasan yang mengandung kurang dari 850 bagian per seribu platina murni, tetapi memiliki total 950 bagian per seribu logam golongan platina (yang paling sedikit 500 bagian adalah platina murni), dapat ditandai dengan jumlah platina murni dan jumlahnya. dari logam golongan platina lainnya dalam potongan tersebut. Misalnya, menandai 600 Plat. 350 Irid. berarti barang tersebut memiliki 600 bagian per seribu (60% 0 platina, dan 350 bagian per seribu (35%) iridium, dengan total 950 bagian per seribu logam golongan platina, dan 50 bagian per seribu (5%) logam lainnya.

Comments are closed.